Pages

Berlayar di Chemical Tanker Osprey Altair

MT. OSPREY ALTAIR adalah kapal pertamaku untuk memulai berlayar, disinilah pertama kali aku mengenal dunia pelayaran, setelah menempuh 2 tahun belajar di kampus & asrama Akademi Ilmu Pelayaran Jakarta, yang aku awali dari Agustus 1997, aku harus menempuh praktek berlayar selama setahun sebagai Deck Cadet.

Dari kampus sekolah ini, aku di tempatkan di PT Samudera Petrindo Asia, yang dulu berkantor di Gedung Bimantara, Menara Kebon Sirih Jakarta tapi sekarang Perusahaan ini sudah tidak disitu lagi. Sebelum memulai berlayar aku diwajibkan belajar dulu dikantor untuk mengenal sedikit ilmu administrasi, managements dll, di kantor ini aku jalani hampir selama 3 bulan.

Sekitar bulan September 1999 aku berangkat ke Singapore untuk join di kapal MT Osprey Altair, pelayaran perdanaku di mulai dari berangkat Singapore menuju Aljubail di Saudi Arabia

Berikut daftar nama-nama pelabuhan yang pernah saya singgahi selama berlayar dengan MT Osprey Altair
Loading port : Aljubail (Saudi Arabia), Bahrain
Discharging port : Port Klang (Malaysia), Singapore, Kaohsiung, Mailio, Taichung, Keelung (Taiwan), Zhuhai, Taichang, Zanjiagang, Nantong, Ningbo, Tianjin-Xingxang, Bayuquan (China), Yosu, Pyeongtaek, Busan, Ulsan (South Korea), Sakai, Hirohata, hehe aku lupa nama-nama pelabuhan lainnya di Jepang yang pernah aku singgahi.


Muatan yang pernah di muat adalah chemical diantaranya: Methanol & MTBE

Hampir setahun aku belajar & berlayar di kapal ini, banyak ilmu yang aku serap dan aku dapatkan, karena officerku saat itu pintar-pintar, rajin, baik dan terprogram dalam mendidik dan mengarahkanku, Nahkodanyapun sangat perhatian padahal belio oaring bule dari British, terima kasih nahkoda dan Perwiraku! Engkau telah mendidik aku manjadi Pelaut dengan baik. Setelah itu aku kembali masuk asrama untuk melanjutkan belajarku, aku lulus agustus 2001 dengan Ijazah Laut ANT III dan Ijazah D IV


Gallery Foto MT. Osprey Altair

















Sedikit descriptions dari foto di atas:

Ship Name : Ballad (kalau di lanjutin pakai nama Jawa menjadi Baladewa, dalam cerita pewayangan Baladewa adalah Ratu dari kerajaan Mandura, kakak dari Prabu Kresna, dan titisan dari Dewa Basuki. Baladewa artinya tentaranya para Dewa di kahyangan, hehe ngarang bgt ya?) MT. Ballad dulunya adalah kapal MT. Osprey Altair, tempat aku praktek berlayar dari tahun 1999-2000 (Sept 1999 / 8 Sep 2000)

Setelah aku tinggalkan kapal ini sudah bolak-balik ganti nama:

Ex – OPREY ALTAIR (1996-2001)
Ex – ALMAR (2001)
Ex – OVERSEAS ALMAR (2005)
BALLAD – Laurin Maritime (America) Inc. USA (2007)

IMO : 9120994
MMSI : 636013304
Callsign : A8LZ7
Flag : Liberia
Category : Chemical and Product Tankers
Beam : 32 m
LOA : 184 m
Draught : 9,2 m
Built by Hyundai Samho Heavy Ind. Co., Ltd Republic of Korea 1996

No comments:

Post a Comment