Pages

Tips Aman Nyaman Mudik Lebaran

Mudik lebaran sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat setiap tahun. Agar mudik Anda terasa aman dan nyaman, ada baiknya Anda memperhatikan tip-tip berikut ini.

Kondisi Tubuh

Pastikan sebelum mudik, Anda dan keluarga dalam kondisi sehat dan bugar. Untuk menjaga stamina tubuh dengan mengonsumsi buah dalam jumlah cukup.

Kondisi dan Perlengkapan Mobil
Periksakan kondisi kendaraan di bengkel. Lakukan tune-up komplit, periksa rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll.

Pastikan kondisi ban bagus. Jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

Bawa Air Mentah
Bawalah air mentah untuk cadangan bila air radiator kering selama perjalanan. Jumlahnya kira-kira 5 liter, masukkan ke bekas botol air mineral besar (1 literan). Selain untuk persediaan air radiator, air ini juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes.

Bila perlu membawa sabun untuk mencuci tangan. Air ini juga berguna bila Anda membawa anak kecil/bayi yang tiba-tiba ‘pup’ saat Anda berada di daerah yang sulit air, seperti sawah atau hutan.


Bekal Makanan
Pastikan Anda membawa bekal makanan yang praktis, seperti kue kering, roti, dan keripik. Dengan begitu Anda bisa makan sambil berkendara.

Tidak disarankan untuk tidak makan di sembarang rumah makan. Hal itu karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih.

Maklum, di saat mudik, hampir setiap restoran dipadati oleh pengunjung. Lebih baik bila Anda membawa makanan sendiri. Jika bekal Anda habis, carilah restoran fast food fried chiken.
Yang pasti anak-anak menyukainya dan terjamin kebersihannya.

Membawa Barang
Urutkan barang berdasarkan tingkat kebutuhan selama perjalanan. Barang yang dibutuhkan lebih dulu diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan.
Hal itu penting supaya tidak perlu bongkar muat setiap kali membutuhkan sesuatu.

Bawa Peta Jalur Mudik

Pada umumnya pihak Jasa Marga membagikan peta mudik secara gratis kepada pengguna tol.
Jangan lupa peta jalur mudik ini disimpan dengan baik karena sangat penting dan berguna. Pilihlah jalur utama atau alternatif apabila terjadi kemacetan di suatu tempat.
Di peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

Catatlah Nomor Telepon Penting

Nomor penting yang perlu dicatat antara lain nomor telepon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol.
Hal ini akan sangat membantu saat Anda mengalami masalah selama perjalanan.

Bawa HP & Chargernya
Sebelum berangkat, charge HP Anda sampai penuh. Lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan operator berbeda.
Bila HP satu terjadi blankspot masih bisa pakai HP yang lainnya.

Obat-Obatan

Jangan lupa membawa obat-obatan yang umum dibutuhkan selama perjalanan.
Contohnya, minyak kayu putih, balsam, obat anti mabok, dan obat pereda pusing. Untuk menjaga stamina, Anda dapat membuat herbal tea dan minuman kesehatan.

Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya. Bila membutuhkan uang baru mengambil di ATM yang sudah mudah dijumpai di kota.

Bawa Kaset/CD
Bawalah kaset/CD yang menjadi favorit Anda agar suasana perjalanan tidak jenuh dan bosan.

Frekwensi radio
Selain sebagai hiburan, informasi dari radio akan membantu memberikan informasi mudik di perjalanan Anda.

Bawa Buku Bacaan
Agar tidak jenuh di perjalanan, Anda dapat membawa bacaan, berupa buku atau majalah.
Anak-anak dapat memilih bacaan yang informatif, seperti Bagaimana Binatang Berkembang Biak, Binatang Makan, atau Binatang Menyesuaikan Diri
Pilihan lain buku bacaan bergambar tentang Gajah, Lebah Madu, Kelelawar, Ular, Ikan Unik, Gorila, Arwana, Singa, Buaya dan Komodo, Kucing, dan Anjing.

Waktu perjalanan
Pilih waktu perjalanan yang tepat agar perjalanan tidak terasa lelah. Idealnya kekuatan seorang pengendara mengemudikan kendaraan sekitar 5—6 jam atau jarak tempuh 400—500 km.
Bila terasa capek, Anda dapat istirahat di rest area, masjid dan mushola, atau SPBU.

Setelah semua hal di atas Anda persiapkan dengan cermat, jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan.





No comments:

Post a Comment