Pages

Berlayar di kapal LNGc/FSRU Golar Spirit

LNGC/FSRU GOLAR SPIRIT
(09 January 2004 - August 2011)

LNGC/FSRU GOLAR SPIRIT adalah kapalku yang ke-empat tempatku bekerja, Awal bergabung di LNGC Golar Sipirit: 09 January 2004 / 08 August 2004, sampai sekarang aku sudah bolak-balik kerja di kapal ini. Dahulu LNGC Golar Sipirit lama di charter oleh Pertamina, untuk membawakan gas LNG dari Arun Aceh ke Pyeongtaek Korea yang berakhir tahun 2007.

Walaupun umur kapal ini juga hampir seumuranku buatan 1981 untuk ukuran umur kapal adalah sudah termasuk tua, tapi tenaga kapal ini sangat mantap, 45000 HP x 105 Rpm, Charter speed 19.5 knots, kadang bisa lari lebih dari 21 Knots, aku paling seneng kalau manuver di selat Malaka, untuk kebut-kebutan kapalku sering juara, asal jangan balapan dengan kapal container hehe.

Setelah selesai di charter Pertamina, kapal ini sempat di charter oleh Kogas Korea untuk 2x membawa muatan dari Qatar, dan 1x dari Bintulu. Kemudian di charter India dengan membawa 2x muatan untuk Hazira dan Dahej

Setelah selesai di charter India kapal berlabuh di Fujairah sekitar 5 bulan, waktu itu musim panas, 11 May – 19 September 2007, suhu disiang/malam hari sering mencapai 46 0C, panas sekali, di malam hari banyak kita manfaatkan untuk memancing, hiburan yang paling indah karena banyak sekali ikan besar yang kami dapat.

Tanggal 19 Sep 2007 kapal LNG Golar Spirit berlayar ke Singapore ( Eta: 30 Sep 09) untuk dikonversi menjadi kapal FSRU, yang di percayakan di dock Keppel Benoi Shipyard Singapore. Kapal FSRU Golar Spirit ini nantinya akan di charter oleh Petrobras dan dioperasikan sebagai FSRU di Brasil, June 2008 kapal Golar Spirit selesai di konversi, tanggal 13 June 2008 @ 1500 kapal bertolak dari Singapore menuju Brasil dengan route: Suez Canal (1500/27 Jun 2008) – Port Said (1800/28 Jun 2008) – Gibraltar (2230/02 Jul 2008-1600/03 Jul 2008) – Loading Point Fortin Trinidad (0530/ 11 Jul 2008 - 1100/17 Jul 2008)– Pecem (22 July 2008) – Rio de Janeiro (11 Mar 2009 - 01 Apr 2009), sampai sekarang kapal masih beroperasi di Pecem terminal sebagai FSRU, (konversi LNG ke CNG yang selanjutnya di kirim untuk BBM power plan di darat). FSRU Golar Spirit merupakan kapal FSRU pertama di dunia.

Pelabuhan yang pernah di singgahi bersama LNGC/FSRU GOLAR SPIRIT
Loading port : Arun, Bintulu (Malaysia), Ras Laffan (Qatar), Point Fortin
Discharging Port : Pyeongtaek (Korea), Dahej (India), Pecem, Rio de Janeiro
Transit & berlabuh : Fujairah berlabuh sekitar 5 bulan, Singapore, Suez, Gibraltar
Airport transit untuk join: Jakarta-Hongkong-Dubai/Jakarta-Hongkong-London-Lisbon-Fortaleza/Jakarta-Doha-Sao Paulo-Fortaleza

Airport transit untuk pulang: Fortaleza-Sao Paulo-Amsterdam-Kuala Lumpur - Jakarta - Jogjakarta / Fortaleza - Sao Paulo-Dubai-Jakarta-Jogjakarta/Fortaleza-Sao Paulo-Doha-Jakarta-Jogjakarta.

Koleksi Foto-foto FSRU Golar Spirit


Golar Spirit entering Guanabara Bay, Rio de Janeiro, March 2009


Petrobras Gas Terminal at Guanabara Bay, in Rio de Janeiro


Loading operation from LNGC Excellence


Golar Spirit @ Guanabara Bay Anchorage


Alongside Pecem Terminal 2011

Ship Details:

Ship Name: GOLAR SPIRIT
IMO: 7373327
MMSI: 538002199
Port of registry: Majuro
Callsign: V7HA4
Flag: Marshall Islands
IMO: 7373327
Call sign: V7HA4
Ex-names: - - - -
Type/class: Gas Tanker (FPSO)
Built by: Kawasaki Heavy Industries Ltd – Sakaide Japan in 1981
DWT: 80,239 tons
GRT: 106,577 tons
LOA/LBP: 289/275 m
Breadth: 44,6 m
Depth: 25,688 m
Anchor Chain: 15 Shackle x 27,5 m

No comments:

Post a Comment